Pluralisme Kenapa Tidak..!! ~ .:|| X JarIk (Jaringan Islam Kampus) Bandung X ||:.
RSS

Pluralisme Kenapa Tidak..!!

Friday, April 27, 2007

Mengapa Umat Islam Takut Pluralisme
Jarik Sumut

Diskusi ketiga Jarik Sumut dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2007 dengan menghadirkan dosen Ilmu perbandingan Agama Fak. Dakwah IAIN Sumatera Utara. Drs. Irwansya, M. Ag. Dalam kajian ilmu keislaman, beliau salah seorang yang dianggap memiliki pemikiran sesat di IAIN Sumatera Utara karena pernah melontarkan pendapatnya bahwa: Isra’ tidak terjadi pada Muhammad melainkan pada nabi Musa

Dalam diskusi kali ini, beliau justru mengatakan bahwa umat Islam tidak perlu takut dengan konsep pluralisme yang sesungguhnya datang dari agama Kristen, berawal dari prinsip yang dianut mereka bahwa Kristen bukanlah satu-satunya agama yang benar, “bukankah ini berarti mereka juga mengakui kebenaran agama Islam?, lantas mengapa umat Islam harus takut, wong mereka mengakui kebenaran kita?” ujarnya dengan nada iseng.

Beliau juga mengatakan bahwa keputusan MUI tentang pengharaman pluralisme juga perlu dikaji ulang, sebab fatwa tersebut merupakan bahagian paling kecil dalam agama Islam. Beliau mengatakan bahwa fatwa menempati kedudukan yang paling bawah dengan gambaran: Islam - Syariat - Ijtihad (Fatwa).

Mengakhiri diskusi tersebut beliau mengemukakan bahwa kita tidak dapat memaksakan pemahaman kita pada orang lain”, saya sendiri berbeda dengan anda, boleh jadi berbeda al-Qur’an, atau bahkan Tuhan” (menurut pemahaman-ed).