Kata Mereka ~ .:|| X JarIk (Jaringan Islam Kampus) Bandung X ||:.
RSS

Kata Mereka

Sunday, July 22, 2007

Apa Kata Mereka Soal Advance Training

Kehadiran Advance Training (AT) dan Training Of Trainer (TOT) malah menuai pelbagai protes dari anggota JarIK dimanapun berada. Pasalnya, persyaratan training itu dianggap membebankan peserta pelatiahn. Hingga tulisan ini diturunkan mereka masih bersikukuh soal pembuatan 4 peper.

`Yah, kita yang juga lagi sibugh dengan kegiatan lainnya tentu saja merasa lebih tertantang, apalgi dengan ketentuan minimal 20.000 karakter. Trus ditambah lagi dengan batas akhir pengiriman akhir bulan juli ini. wah, sangat menantang. Tapi, terserah seh..kita mah yang penting usaha,` tulis Bahrul Haq, JarIK Jakarta.

`SYARAT NYA ADUH KUMAHA NIH...,4 PAPER UNTUK SETIAP PAPER 20.000 KARAKTER BISA NAWAR GA.........'LSAF'?5 RB KARAKTER AJA TIAP PAPER YACH.........TERUS KIRIMAN BAHAN-BAHANNYA HARUS SECEPATNYA BIAR KAMI LEBIH MATANG DALAM PEMBUATAN PAPERNYA, usul Ani Marlina, JarIK Garut.

`Elok iki kang..banyak banget...sekitar 15 hlm kwarto spasi 1.5 font 12 times new roman...mungkin waktu kali ya yg perlu diundur..jgn 30 juli lah...sampai 10 agustus misalnya. jadi agak longgar....palagi da beberapa temen yg terbentur PKL...oke, Cetus Subkhi Ridho, Koordinator JarIK Jogyakarta.

`Saya, pradewi tri chatami menyatakan keberatan akan syarat 4 paper untuk mengikuti advance training. saya akui, tradisi menulis saya belum mapan, dan saya masih terbelit masalah akademis dalam mengikuti kuliah praktikum, yang bahkan merampok hari minggu saya menjadi rutinitas membosankan. karena waktu yang disediakan untuk menulis sangat singkat, saya jelas sangat keberatan. bahan-bahan bacaan yang akan dikirimkan (yang entah sampai kapan sampai di inbox saya) barangkali masih harus berebut atensi di 24 jam x 17 hari yang teramat singkat. apakah bahan bacaan tersebut dapat efektif? silakan anda jawab sendiri. wassalam, Papar Che, JarIK Bandung.

Yuuuk....................kawan Teche ada benernya jg....LSAF prlu mempertimbangkannya lagi dech.., ungkap Jhellie, Koordinator JarIK Mataram.

Tak ayal kiriman bahan bacaan Advance pun harus menjadi penopang pelatihan itu, demikian kata Ani.

`Bagi saya sendiri neng ani ti urang garut mah masalah 4 ppaper mah ga masalah, asalah luangin waktu 2 jam sehari ja buat bikinya pasti berez, tantangan demi tantangan harus bizalah, meski kawan teche ribet atas syarat itu, yang bikin keselnya aku nunggu kiriman bahan-bahan materinya dari LSAF mana atuh, koq gada, kapan mo dikirimkan,biar ani cepet kerjain sekarang sekarang maklum aku kan udah mulai ngajar lagi nih, jadi ketika libur gini aku pengen kerjakan syarat2 advance, jadi to LSAF................CEPET KIRIMIN YACH..........MUMPUNG ANINYA LAGI AGAK NYANTEI NIH, jelasnya.

Tak mau ketinggalan pihak LSAF pula menanggapnya dengan membuat pernyataan `Kepada kawan-kawan calon peserta advance training. sehubungan dengan prasyarat penulisan paper untuk advance training, maka kami akan mengirimkan bahan-bahan bacaan tentang Duham, International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR), Undang-undang RI tentang HAM dan ICCPR serta kebebasan beragama, termasuk juga paper Rumadi tentang Agama-agama dan Regulasi negara di Indonesia.

Mudah-mudahan bahan-bahan tersebut bermanfaat sebagai referensi dalam menulis paper. Btw, apakah syarat menulis empat paper cukup memberatkan buat kawan-kawan?

Ingin tak disebut ikut nimbrung, Eko Marhaendry mempertanyakan bahan bacaanya. `Empat paper sich sebuah kaharusan untuk ngikuti edvance training, masalahnya waktunya terlalu mepet, jadi kualitas tulisannyapun boleh jadi "mepet juga" (he..he..he!), tegasnya.

Lagi Bahrul angkat bicara `jadi bagaimana keputusannya??? kita masih digulung dengan kesibukan nih. tolong secepatnya diberikan kejelasan tentang waktu atau pun persyaratannya.. supaya kita bisa persiapkan dengan baik dan bisa bagi-bagi waktu, ungkapnya.

Wahlasil, persyaratan 4 makalah pelatihan pun berubah menjadi 2 peper. Keputusan terakhir dari LSAF melalui pernyataan `Sehubungan dengan munculnya banyak keberatan kawan-kawan atas prasyaratan 4 paper untuk advance dan TOT, maka panitian AT & TOT akhirnya membuat perubahahan: pilih saja 2 paper untuk ditulis dari 4 pilihan yang ada.

Selain itu, ada kemungkinan kegiatan AT & TOT tersebut dimajukan menjadi awal agustus.

Demikian informasi terbaru seputar AT & TOT. Saran dan kritik kawan-kawan kami tunggu.

Benarkah dengan diturunkanya kriteria pelatihan persoalan lain tak akan bermunculan seiring perkembangan kawan-kawan. Tentu jawabanya tidak. Lihatlah respon dari Bahrul tentang pemajuan jadwal Advance. Semulah akhir Agustus menjadi awal bulan.

'Saya keberatan jika waktu AT & TOT malah akan dimajukan, saya pribadi akan sangat kesulitan dengan waktu yang pasti akan betrok dengan jadwal kegiatan lain. saat ini saya sedang menggarap Kongres ke-26 HMI MPO, saya sebagai Ketua Panitia, acara tersebut insya Allah akan digelar pada tanggal 12 s.d. 18 Agustus 2007. sedangkan, saya sangat ingin ikut menjadi peserta AT & TOT.

Demikian, mudah-mudahan rencana perubahan waktu bisa gitinjau kembali. saya berharap pengertiannya.


`Euhhhhhh
teu leures!
awal-awal
akhir-akhir!
uih yuk!
pundung abimah!!!!!, Kata Iya Maliyya, JarIK Bandung.[Ibn Ghifarie]